Wednesday, May 25, 2011

Nyoba Bikin MOL

Habis baca-baca blog-nya Pak Sobirin, jadi pengen nyoba bikin MOL atau Mikro Organisme Lokal.  Nyoba bikin yang gampang dulu deh...yaitu yang berbahan dasar tape. Kenapa pilih tape ? selain caranya gampang, di rumah juga pas punya sisa tape, dan tidak berbau yang aneh-aneh menurut saya.

Apa saja yang diperlukan ? cuma perlu tape sebagai bahan dasar utama, wadah penyimpan seperti botol aqua bekas 1,5 lt, atau toples bekas yang tutupnya sudah diberi lubang untuk pertukaran udara, karena MOL akan menghasilkan gas. kemudian, gula pasir, cukup 5 sendok makan, serta jangan lupa air bersih untuk pelarut semua bahan tersebut.

Cara membuatnya, ambil 1 ons tape, masukan kedalam botol aqua bekas yang tutupnya sudah diberi lubang, tambahkan gula pasir, kemudian masukan air bersih sampai 3/4 botol (jangan sampai terlalu penuh yaaa....). Kocok sebentar agar gula pasir, air, dan tape bisa tercampur. Terakhir, simpan di tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung, biarkan selama 5 sampai 6 hari.  Setelah 6 hari, MOL tape siap digunakan sebagai pupuk tanaman kita.

Ini hasil MOL tape setelah 6 hari yang siap digunakan. Cara penggunaannya, ambil sedikit MOL tape, diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 15 dan MOL pun siap digunakan ke tanaman.




Beberapa tanaman saya yang menggunakan MOL tape, tomat dan cabe rawit, tiap 3 hari sekali saya siram dengan pupuk MOL tape yang sudah diencerkan. Jadi intinya, berkebun tidak harus mahal dan tidak harus menggunakan pupuk kimia, Go Green....:)




No comments:

Post a Comment