Friday, May 27, 2011

Hidroponik Sederhana

Setelah Trial & error, sekarang saatnya mencoba hidroponik yang paling sederhana (menurut saya). Dibilang sederhana karena cara membuat, alat dan bahan mudah di dapat.
Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan cara "Wick System" yaitu hidroponik menggunakan sistem sumbu.

Yang paling mudah adalah menanam lombok atau cabe dengan menggunakan metode Wick System. Alat dan bahan yang diperlukan adalah gelas aqua bekas, gelas bekas pop ice beserta tutupnya, tanaman cabe, media tanam menggunakan arang sekam & cocopeat/pasir dengan perbandingan 50 : 50, sumbu kompor atau benang wol, dan larutan nutrisi hidroponik.

Siapkan gelas aqua bekas, yang telah di lubangi bagian bawah (di tengah) untuk tempat memasang sumbu kompor/benang wol. di sekitar lubang utama, beri lubang kecil sekitar 5 - 6 lubang untuk pertukaran udara pada media tanam. Pasang sumbu kompor sampai menyentuh dasar gelas pop ice.

Pada tutup gelas pop ice, lubangi tutup gelas, sehingga gelas aqua bisa masuk dan menahan gelas aqua tersebut tetapi tidak sampai menyentuh dasar gelas pop ice, kurang lebih 5 - 6 cm sebelum dasar.

Masukan campuran media tanam ke dalam gelas aqua, pindahkan bibit tanaman cabe yang sduah berdaun 4/5 helai dari pembibitan. Beri nutrisi hidroponik pada gelas pop ice, beri jarak minimal 1 cm dari gelas aqua tempat bibit. Kemudian pasang gelas aqua ke dalam gelas pop ice. Jadi dehh hidroponiknya....

Ini nih gambarnya..tanaman cabe dengan metode wick system

Nah kalo ini, tanaman cabe rawit punya saya....


No comments:

Post a Comment

Post a Comment